Saturday, January 16, 2016

Telaga Biru Cidaru - Cisoka



Setiap sudut Indonesia menawarkan keindahannya, tak puas rasanya mata ini memandang akan keindahan negeri tercinta ini. Banyak tempat wisata baru yang tumbuh seirama dengan trenya kehidupan traveller. kali ini saya akan menguraikan tempat wisata yang saya kunjungi beberapa hari yang lalu di daerah Cisoka Tanggerang. tempat ini baru-baru ini menjadi bahan pembicaraan bagi penikmat keindahan. Telaga Biru Cidaru namanya. sebuah telaga yang di hasilkan dari bekas galian pasir di kawasan Tanggerang Banten. 


Untuk mencapai Telaga Biru Cidaru dapat di akses dari arah serang atau dari arah Cikupa, saya sendiri memilih dari arah Cikupa. Dari Cikupa kita bisa menyusuri jalan raya serang setelah menjumpai lampu merah Tigaraksa motor kuarahkan ke kiri, jalanan yang lebar dan cukup baik serta teduhpun kami nikmati di sini, menjumpai bundaran Tigaraksa motor di arahkan ke kanan, dan lurus sampai menjumpai pertigaan ke dua, di pertigaan kedua kendaraan tetap melaju lurus ke arah Cisoka sampai menjumpai plang SMPN Cisoka dan kendaraan  ke arah kiri masuk ke area SMPN Cisoka. tak jauh dari sini Banner sudah terpampang Jelas arah Telaga Biru Cidaru. 


Perjalanan ku lanjutkan melalui jalan perkampungan , akses menuju Telaga Biru Cidaru relatif baik,walau termasuk wisata baru namun jalan menuju ke sana  kami temukanan dengan mudahnya. hampir 30 menit kami berjalan dari arah Cikupa kamipun sampai di kawasan ini. 


Sebelum kami sampai di Telaga Biru Cidaru mata kami di manjakan dengan panorama hamparan persawahan yang cukup menawan. pesona ini  tentunya mengurangi rasa lelah kami saat di perjalanan. kami sempat berhenti sejenak di sini memandang luas sawah di temani langit yang membiru.



Sampai Juga ahirnya kami di daerah ini, sebuah telaga yang luas dengan warna hijau Toska ini membuka mata kami. kami tak menyangka ada tempat yang cukup menawan di daerah Industri Tanggerang ini. menurut cerita warga setempat telaga ini dalam sehari akan berubah menjadi tiga warna, terkadang akan menjumpai warna hijau, berubah menjadi Biru dan berubah kembali menjadi bening. entah fenomena apa ini. 


Telaga ini merupakan hasil dari Galian Pasir yang di lakukan beberapa tahun yang silam, telaga dengan kedalaman sekitar 50 meter tersebut tergenang air hujan dari tahun ke tahun, dan pada musim kemarau di jumpai telaga nan indah ini. perubahan warna yang menawan menjadikan daya tarik tersendiri untuk mengunjungi telaga Biru Cidaru. 


Pukul 08.00 Wib saya sampai di sini, Walau terik Surya mulai menyengat sayapun mencoba menikmati telaga lebih dekat Telaga Ini di bentengi pepohonan yang menghijau dan memantulkan banyanganya di dasar telaga, menambah indahnya telaga bila di lihat dari dekat. hamparan pasir di tepi telaga Biru membuat telaga semakin menawan. 


Di tepian telaga terdapat pembatas untuk menghindari pengunjung berenang atau masuk ke area telaga Biru Cidaru, larangan membuang sampah sembarangan di area ini tentunya harus di taati oleh setiap pengunjung yang datang ke Telaga Biru Cidaru. sayapun mulai berjalan menikmati telaga bitu ini, ku pandang setiap sudut telaga yang membuat saya mensyukuri dan mengagungkan Allah SWT atas keindahan yang di ciptakaNya. 


Ada beberapa Telaga di tempat ini yang tentunya dari hasil galian pasir,jika kita berjalan mengelilingi telaga, kita bisa menjumpai beberapa telaga kecil tersebut, telaga dengan warna hijau dan batu-batu karas yang terdapat di sekitarnya, serta pagar pembatas yang melarang kita menikmati telaga lebih dekat akan kita jumpai di sini. satu telaga kecil sambungan dari telaga utama dan telaga yang airnya cukup dalam dari dasar tentunya membuat saya semakin betah di sini. 



Sayang hari semakin siang dan terik matahari semakin menyengat. walau baru pukul 09.00 WIB namun matahari terasa menyengat kulit ini, keringat mengucur dari wajah ini, kamipun memutuskan untuk menepi dan meninggalkan Telaga Cidaru. 
saran yang saya sampaikan untuk mengunjungi Telaga ini
1. berkunjung ke telaga Biru Cidaru sebaiknya pagi hari jam 07.00 Wib atau sore hari agar tidak terlalu panas.
2. hanya di kenakan biaya parkir sebesar Rp. 3000 belum ada retribusi untuk ke wisata ini
3. tetap jaga keindahan telaga ini dengan tidak membuang sampah sembarangan
4. jangan sekali-kali melewati pembatas telaga karena sangat berbahaya
5. tak usah cemas mengenai makanan, di sini berderet warung warung yang siap memenuhi rasa lapar dan haus pengunjung 




1 comment:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete