Tuesday, December 13, 2016

Terdampar Di Pulau Condong Lampung


Senang rasanya bisa berkunjung ke Propinsi lampung yang kaya akan keindahan alam ini, setelah kemaren di manjakan keindahan pantai Sari Ringgung (https://jalantraveller.blogspot.co.id/2016/11/pantai-sari-ringgung-lampung-nan-menawan.html) dan di tutup dengan lukisan alam yang sempurna melalui teropong teluk lampung di Muncak (https://jalantraveller.blogspot.co.id/2016/11/muncak-tempat-terkeren-teropong-teluk_18.html) Hari ini Jum'at 16 November 2016 saya bersama teman satu team ( saya, Adam dan Aris ) menuju pulau yang terletak di Lampung Selatan. 


Pulau Condong /Monkey Island atau Pulau hantu nama sebuah pulau yang akan kami kunjungi di senja kali ini, Untuk menggapai Pulau tersebut kamipun memilih pasir putih sebagai dermaga penyebrangan kepulau dengan nama yang unik ini. Berjarak sekitar 5 kilo meter dari pasir putih atau bisa di tempuh sekitar 20 - 30 menit. Untuk menyebrang ke pulau Condong kami menggunakan perahu motor, tak ada harga pasti tergantung bisa-bisanya pengunjung melakukan negosiasi harga, harga pembuka Rp.300.000 kami dapat Rp.150.000 tergantung nego kan.... perahu ini bisa di tumpangi sekitar 10 orang. 



Setelah sepakat dengan harga perahu kamipun menuju Pulau Condong. Pulau yang berbentuk unik seperti mangkuk terbalik ini sudah terpampang jelas di depan mata.Di sebelah kiri pulau terdapat sebuah pulau yang di beri nama pulau Bule dan pulau Pimpin yang merupakan pulau pribadi dan tidak sembarangan pengunjung datang ke pulau tersebut. Tak lama berada di perahu motor kamipun sampai di Pulau Condong. Pulau dengan pasir putih yang menawan, kamipun menuruni perahu dan melangkah kedalam pulau tersebut. 



Menatap luas hamparan pasir putih nan indah dengan ombak yang tenang dan pesona dua pulau di hadapanya yang menambah keindahan pulau yang berbentuk mangkok ini, asik menikmati pesona Pulau Condong kami di kagetkan kedatangan Nenek-nenek yang datang dari belakang secara tiba - tiba, kontan saja kami menengok ke arah suara tersebut dan sang nenek berujar untuk membayar tiket seharga Rp.7000/orang tak ada tiket dan tak ada post pembelian tiket, entah dari mana datangnya nenek tersebut. menurut si mamang nenek tersebut yang menjaga pulau ini. 
   

Setelah menikmati pasir putih kamipun memasuki pulau Condong, Mengikuti jalan setapak menuju ke bagian selatann pulau untuk menikmati matahari terbenam. selama menyusuri jalan setapak kami melewati pohon beringin yang besar, di beringin tersebut terdapat gerombolan kera yang sedang asik bergelantungan di atas pohon. menurut si mamang dulu di pulau ini tak ada kera tetapi setelah pada tahun 2007 setelah pengunjung  melepaskan 2 ekor kera di pulau ini di huni lebih dari ratusan kera maka tak heran pulau Condong di sebut juga Monkey Island. 
  

Setelah berjalan melewati Pohon beringin kami melewati dua buah rumah yang tampaknya tidak berpenghuni dan tak terurus, agak merinding memang melewati rumah tersebut tetapi saya tetap melaju menyusuri jalan setapak yang berkarang tajam. Tak lebih dari 10 menit melangkah kami menjumpai tempat yang unik, tempat ini di kenal dengan Karang Bolong, sebuah terowongan yang membawa kita ke bagian selatan Pulau condong. di tempat inilah Spot terbaik untuk menuikmati tenggelamnya matahari. 


Ombak  menyapa kami setelah melalui karang bolong tersebut, tak ada pasir di daerah ini yang ada hanyalah karang karang tajam yang berbentuk unik, kamipun duduk di atas karang dan menikmati pesona lautan luas, ingin rasanya menyatu dengan lautab sekitar tetapi si mamang melarang  kami, entahlah kenapa larangan itu ada yang pasit ada beberapa mistik yang sangat kental di pulau ini.si mamangpun berjerita ada beberapa kejadian yang membuat bulukuduku merinding hebat.  


Sebenarnya ingin rasanya kami bertiga berlama-lama di tempat ini sambil menunggu sang surya keperaduanya. tetapi cerita-cerita mistik itu membuat kami enggan berlama di tempat tersebut. kamipun beranjak dan meninggalakan sisi selatan Pulau Condong. Tak heran pulau Ini di kenal dengan sebutan pulau hantu. karena banyak cerita mistik yang beredar. 


Sebenarnya ada beberapa spot yang menarik di pulau ini, yaitu di puncak pulau yang biasa di gunakan pengunjung untuk camping dan melakukan panjat tebing dan spot untuk melakukan snorkling. tetapi hari mulai gelap dan kamipun meninggalkan pulau tersebut dengan seribu cerita tentunya. 

28 comments:

  1. Assalamualaykum...
    Mas Andy...:-)

    Gimana kabar?

    ReplyDelete
  2. Wah seru sekali mas Andi, next kesana ajak ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayolah lala kulik2 temen kubu biar jalan bareng ke lampung

      Delete
  3. Replies
    1. masih banget bang.. pa lagi jalan ya bareng kubbu

      Delete
  4. Jadi penasaran sama 2 rumah itu, kok nggak difoto mas? siapa tau aura seramnya ikut terabadikan, hehe

    ReplyDelete
  5. seru kayaknya.. *masukin bucketlist*

    ReplyDelete
  6. ayo kita ke lampung.. banyak tempat eksotik di sana

    ReplyDelete
  7. sepertinya pulau condong menarik
    btw, neneknya manusia kan, kak? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... tetep manusia, munculnya tiba2 aja tapi lumayan nyeremin sih

      Delete
  8. Kayaknya masih sepi ya pulaunya? Serem ga kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pulau tak berpenghuni.. ada cerita mistis adanya siluman luar d sama, tepatnya di karang bolong

      Delete
  9. Hemmm...makin panjang nih list tempat2 menarik di lampung utk dikunjungi..tks mas andi oleh oleh dari lampungnya

    ReplyDelete
  10. Foto2nya bikin mupeng.
    Indonesia keren!

    ReplyDelete
  11. Terdampar yang asyik dong yaaa mas wkwkwk

    ReplyDelete
  12. Apa ada lokasi mancing disekitar pulau2 itu?

    ReplyDelete
  13. Kayaknya nego prahunya harus pakai jurus ibu ibu kali ya mas andi biar bisa dapat setengah harga hehehe

    ReplyDelete
  14. Baru tau deh ternyata lampung punya banyak tempat yang oke ya mas.. tulisannya informatif banget :)

    ReplyDelete
  15. Senang rasanya bisa berkunjung ke Propinsi lampung yang kaya akan keindahan alam ini, setelah kemaren di manjakan keindahan pantai Sari Ringgung (https://jalantraveller.blogspot.co.id/2016/11/pantai-sari-ringgung-lampung-nan-menawan.html) dan di tutup dengan lukisan alam yang sempurna melalui teropong teluk lampung di Muncak (https://jalantraveller.blogspot.co.id/2016/11/muncak-tempat-terkeren-teropong-teluk_18.html) Hari ini Jum'at 16 November 2016 saya bersama teman satu team ( saya, Adam dan Aris ) menuju pulau yang terletak di Lampung Selatan.

    Mas Andi, pada bagian itu linknya agak ganggu :D

    ReplyDelete
  16. Wah lampung emang keren ya pantai dan pulaunya.
    Pas SMA mainnya cuma ke pulau tangkil. Next mudah2an bisa ke pulau condong juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemaren gak sempat kepiluan tangkil cuma nyender di dermaganya aja mbaa

      Delete
    2. kemaren gak sempat kepiluan tangkil cuma nyender di dermaganya aja mbaa

      Delete
  17. Selalu suka sama cerita-ceritanya Mas Andi

    ReplyDelete
  18. bener banget mae.. masih banyak pantai yang keren yg harus di explore nih

    ReplyDelete