Sunday, October 2, 2016

Kerajaan kupu-kupu di Taman Nasional Bantimurung


Beruntung saya dapat singgah di tempat ini sebuah tempat yang menurut saya sangat unik, bagaimana tidak ratusan kupu - kupu hinggap dan berkumpul menjadi satu menghisap sari telaga yang menghijau, terkadang mereka terbang bergerombol dan menyatu kembali menikmati sari telaga. Pantaslah Tempat Taman Nasional Bantimurung  di kenal sebagai The Kingdom Of Butterflies atau kerajaan kupu-kupu. 


Taman Naional Bantimurung - Bulusaraung Sulawesi Selatan menonjolkan Kupu - kupu sebagai daya tarik untuk menarik wisatawan lokal maupun internasional. ada lebih dari 20 jenis kupu - kupu yang di lindungi pemerintah di daerah ini dan di tetapkan melalui ketetapan Pemerintah No. 7/1999. beberapa spesies kupu - kupu tersebut bahkan hanya terdapat di Sulawesi Selatan, Keren kan.. kelestarian kupu - kupu tersebut haruslah tetap kita jaga.


IDR untuk dapat menikmati pesona dan keunikan Taman Nasional Bantimurung cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp.25.000 saja anda akan dapat pesona yang luar biasa dari Taman nasional ini. Jejeran penjual berbagai oleh -oleh khas bantimurung akan menyapa anda saat anda berada di parkiran, berbagai aneka ragam kupu - kupu yang sudah di awetkan dapat anda lihat di setiap toko tersebut. 


Ada sebuah musium Kupu - kupu yang wajib anda kunjungi jika anda kesini, berbagai macam spesies kupu kupu dengan berbagai macam warna, jenis dan ukuran semuanya terpadokumentasi dengan lengkap di musium ini. Kupu - kupu ytang di awetkan ini bukanlah kupu - kupu yang hidup. tetapi kupu-kupu yang sudah berusia 40 hari dan sudah mati di penangkaran. Kupu - kupu yang berada di musium Kupu-kupu di ambil dari kupu-kupu yang berda di sekitar sebuah danau yang di beri nama Danau Passi Kebo. 


Danau yang di kelilingi tebing - tebing tinggi dan di hiasi hamparan pasir putih serta sebuah air terjun mini serta air yang berwarna hijau toska menjadi habitat beragam kupu-kupu bantimurung. untuk dapat menikmati atusan kupu - kupu di danua passi kebo datanglah pada waktu pagi hari. mereka akan berkumpul dan bergerombol di tepian danau menghisap danau passi kebo.



Begitu indahnya dan uniknya taman Nasional Bantimurung Maros Sulawesi Selatan. kelestarian alam dan keindahanya haruslah tetap kita jaga. jangan pernah merusak dan mengotori tempat yang anda kunjungi anak cucu kita berhak menikmati keindahan yang sama. 

2 comments:

  1. Wah itu kalau bawa pacar kesini pasti seneng banget nih kang karena dia sangat suka dengan kupu-kupu, tapi sayangnya sangat jauh kalau dari sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. bawa kang ke sana.. pulang dari san alangsung merit
      heheheh

      Delete