Saturday, October 1, 2016

Pesona Taman Nasional Bantimurung - Bulusaraung Sulawesi Selatan


Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung menjadi destinasi wisata pertama kami, Sabtu 24 September 2016 tepat pukul 08.00 Wit sampai juga ahirnya kami di tempat Nan penuh pesona ini, Deretan Karst yang menakjubkan menjadi pemandangan pembuka sebelum kami menyusuri keindahan Taman Nasional Bantimurung.


Taman Nasional dengan luas sekitar 43.750 Ha yang terletak di Sulawesi selatan ini mempunyai megnet untuk menarik wisatawan untuk datag menikmati keindahan Batimurung. maka tak heran Taman Nasional Bantimurung menjadi tujuan pertama kami selama berada di Makasar. Ada beberapa keunikan dari Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung yang akan memanjakan mata setiap pengunjung. 


Keunikan Taman Nasinal bantimurung terasa saat menyusuri jalanan ke arah Bantimurung selain itu Bantimurung menawarkan pesona deretan lembah bukit kapur yang curam dengan vegetasi tropis, Air terjun, dan Gua yang merupakan beragam habitat spesies termasuk Kupu-kupu yang menakjubkan. 


Inilah beberapa pesona yang di tawarkan di Taman Nasional Bantimurung Sulawesi Selatan. 
1. Deretan Karst yang mempesona
Deretan perbukitan kapur menemani kami saat perjalanan menuju Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung Sulawesi Selatan, Bukit kapur yang menjulang tinggi dan menghijau menjadikan perjalanan ini semakin mengasikan. Memasuki area Taman Nasional Bantimurung_Bulusaraung deretan Karst semakin menakjubkna. Jika anda berjalan menuju tempat pembelian tiket lihatlah kebelakang, dua buah kars yang menjulang tinggi seperti terbelah. 

2. Ribuan Kupu - Kupu yang menakjubkan


Taman nasional Bantimurung-Bulusaraung memang menonjolkan kupu-kupu sebagai daya tarik utamanya. Bantimurung oleh Alfred Russel Wallace di juluki sebagai The Kingdom Of Buterfly (kerajaan kupu-kupu). Ditempat ini sedikitnya ada 20 jenis kupu-kupu yang di di lindungi oleh Pemerintah dan ada beberapa spesies kupu-kupu yang hanya terdapat pesies unik yang hanya terdapat di Sulawesi Selatan ( Taman Nasional Bantimurung ). untuk dapat bencengkerama dengan ratusan kupu-kupu datanglah pagi hari dan kunjungilah danau kassi Kebo, di tepi danau inilah ratusan kupu-kupu akan bergerombol seolah - olah menghisap sari dari danau tersebut. 
  
3. Keindahan Air terjun Bantimurung


Keindahan dan kesegaran air terjun Bantimurungpun wajib anda rasakan. Air terjun setinggi 50 meter dan lebar sekitar 15 meter ini memberikan pesona yang luar biasa, tak seperti air terjun pada umumnya, air terjun bantimurung sangatlah unik, Air terjun Bantimurung mengalir menyusuri Karst atau bebatuan tebing dengan lekukan yang sangat indah. kesegaran dan hempasan air dapat kami rasakan menyegarkan seluruh tubuh ini, bercumbulah dengan air yang menyusri kasrt untuk mendapatkan sensai yang luar biasa. 

4. Pesona Danau Kassi kebo


Untuk menuju Danau Kassi Kebo taman Nasional Bantimurung - Bulusaraung kami harus meniti lebih dari 100 anak tangga dengan tingkat kemiringan lebih deri 45 derajat.tenang saja anda akan di suguhkan pesona air terjun bantimurung selama meniti anak tangga tersebut. berjarak sekitar 800 meter dari Air terjun Bantimurung trek di lanjutkan dengan menyusuri jalan setapak yang landai, suguhan ailran aira yang menghijau nan tenang memberikan energi saat melakukan treking. danau yang sangat mempesona dengan air terjun mini melengkapi lukisan alam yang maha sempurna.di tepi danau kami mendapti segerombolan kupu-kupu yang sedang menghisap sari danau tersebut. 

5. Penyusuran Goa Batu dan Goa Sunyi

Goa batu terdapat dekat dengan danau Kassi Kebo Ta,man nasional Bantimurung, untuk dapat menyusuri gua sedalam 100 meter kami menyewa sebuah lampu patromak dan dua buah senter dengan harga sewa 100.000 sekalian pemandunya. pembandu akan membawa kita ke ruang-ruang goa denagn pesona yang tak kalah menakjubkan. 


itulah deretan tempat yang penuh pesona di Taman nasional Bantimurung., Dengan IDR seharga 25.000/orang kami dapat menikmati pesona keindahan Bantimurung yang menawan.  Tak mungkin kamilupakan pesona keindahan Sulawesi Selatan dan jika anda berkunjung ke Sulawes tempat ini wajib anda kunjungi. tentunya tetap menjaga kelestarian ekosistem di dalamnya dan tetap menjaga kebersihan alam kita. jagalah alammu maka alam akan menjagamu. 




No comments:

Post a Comment