Monday, September 7, 2015

Goa Rancang Kencono


Akan ku ulas perjalanan yang pernah saya lakukan ke Gunung kidul satu tahun yang lalu, setelah menikmati pesona keindahan Air Terjun Sri Getuk saya memutuskan utuk merasakan suguhan wisata bawah tanah yang berada tak jauh dari Air Terjun Sri Getuk. Saya merasa tertarik memasuki Sebuah Gua yang tanpak unik itu, Gua Rancang Kencono.



Goa ni memiliki sebuah pohon Klumpit, pohon besar yang tumbuh dan menjulang tinggi keluar dari sebuah lubang besar yang menganga. pohon ini di perkirakan sudah berusia sekitar 2 abad. untuk memasuki gua ini kami tak perlu menggunakan alat khusus. sayapun melangkah menuruni beberapa anak tangga batu untuk memasuki pelataran Goa berbentuk  ruangan yang luas yang konon merupakan tempat pertemuan. Gua ini pernah di jadikan tempat persembunyian dan pertemuan laskar Mataram pada saat penyusunan rencana untuk mengusir Belanda dari kasultanan Ngayognyakarta Hadiningrat,




Ada beberapa orang yang siap memandu dan sudah menunggu di pelataran ini, mereka menawarkan jasanya untuk mengenal lebih jauh Goa Rancang Kencono. dengan bermodalkan senter pemandu tersebut mengantarkan saya ke dalam bilik - bilik gua. ada beberapa ruangan yang terdapat di dalam goa ini. Stalagtit menghiasi langit-langit Gua, banyak di antaranya sudah mati dan tak terlihat lagi tetesan air dari stalagtit tersebut. berbagai bentuk unik stalagtitpun tumbuh dari langit-langit gua ini.



Saya dengan di temani pemandu melangkah memasuki ruangan yang bisa di jadikan ruangan pertemuan, ada sebuah tempat duduk yang terbuat dari bati, berbentuk seperti meja. melangkah lebih dalam saya memsauki sebuah Ruangan yang sempit,untuk mencapai ruangan tersebut hanya bisa di lalui oleh satu orang saya dengan cara merunduk atau merangkak. Celah kecil menjadi penghubung ruangan ini.


Sebuah ruangan sempit dan gelap hanya bisa di tempi oleh beberapa orang saja. ada yang unik dari ruangan ini, di dinding ruangan terdapat sebuah gambar burung garuda dan beberapa nama   yang tercantum, di samping lambang garuda pancasila. ada kata-kata penyemangat yang tertera.




Kami hanya bertahan tak lebih dari 15 menit, suasana yang gelap dan pengap memaksa kami untuk kembai kepelataran. Goa Rancang kencono ini menjadi saksi perjuangan dan kegigihan rakyat indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaanya.


No comments:

Post a Comment