Tuesday, December 20, 2016

Punthuk Mongkrong "View Sunrise Keren Ala Magelang "


Lanscape indah pegunungan menoreh di tambah dengan deretan gunung yang menawan menambah tempat ini sangat Istimewa dan wajib di kunjungi jika anda berada di Magelang. Sebagai Puncak terindah untuk menikmati sunrise  Puthuk Mongkrong menjadi idola baru wisata alam  daerah yang terkenal dengan Candi Borobudurnya. Keindahan dan pesona alam sekitarnya menjadi daya tarik setiap wisatawan dari berbagai usia.  


Magelang sebuah kota kecil di Jawa Tengah yang menyimpan beribu keindahan baik pesona alam maupun kemegahan akan Candi borobudurnya. Kota yang terletak di tengah Pulau Jawa yang di kelilingi oleh deretan Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Telomoyo dan pegunungan menoreh, tak heran Magelang mempunya beberapa tempat untuk menikmati View Sunrise yang menakjubkan salah satunya adalah Puthuk Mongkrong. 


Puthuk Mongkrong menjadi tempat pertamaku menikmati keindahan Alam magelang, bersama dengan kang Azis sebagai Tour Guide kamipun menuju Puthuk Mongkrong. sekedar irformasi kang Azis yang mempunya picture keren di Instragramnya ( azis_javanica)  mengenalkanku akan pesona Punthuk Mongkrong tersebut. Niat hati ingin ngecam di puncak Punthuk Mongkrong tapi apalah daya cuaca tak bersahabat, ahirnya kamipun singgah di kediaman kang azis di daerah Muntilan. 


Sabtu 17 Desember 2016 tepat pukul 04.30 kamipun meninggalkan muntilan menuju daerah Borobudur menuju, Kamipun menembus dinginya embun pagi Magelang, jalanan nan sepi dan udara segar khas pegunungan menemani kedinginan kami, dengan menggunakan kendaraan roda dua kami menyusuri jalan berliku nan menanjak tajam.  


Punthuk Mongkrong berada di dusun Kamal Desa Giritengah Kecamatan Borobudur kabupaten Magelang yang berjarak sekitar 5 Km dari Candi Borobudur. Untuk menggapai Puncak perbukitan dengan ketinggian sekitar 650 mdpl kami harus melewati jalanan yang menanjak lebih dari 45 derajat dan tikungan tajam, tentunya jika kalian hendak ke sini haruslah menggunakan kendaraan yang prima. Takkurang dari 1 jam kami menyusuri jalan yang relatif baik namun menegangkan ahirnya kamipun sampai di area parkiran Punthuk Mongkrong. tempat yang masih sepi, hanya beberapa sepeda motor bertengger di parkiran tersebut, jika menggunakan kendaraan roda Empat anda harus memarkirkan jauh dari tempat parkiran tersebut, tentunya dengan treking yang lebih jauh. 
    

Setelah membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000 kamipun melanjutkan treking menyusuri jalan setapak, menembus perkebunan warga dengan kontur tanah yang relatif datar terkadang menanjak tak seberapa melewati tepian jurang dengan penghalang bambu di tepi jurang ahirnya kamipun sampai setelah berjalan tak lebih dari 300 meter. sampai juga kami di Puncak Punthuk Mongkrong. 


Waw... sungguh pesonamu tiada henti, sejuknya embun menyapa dan suguhan lukisan alam yang maha sempurna meneduhkan hati kami, Dua buah Gunung bersanding di hadapan kami, menurut mas azis gunung tersebut adalah gunung Merapi dan merbabu, tak kalah cantiknya gunung Sindoro tersenyum anggun menyapa kami, walau cuaca tak begitu cerah dan kami tak menikmati Sunrise terindah Puncak Mongkrong tapi pesona ini sungguh luar biasa. gugusan awan makin mempercantik Puncak Mongkrong. 


Ada beberapa spot yang di sediakan di puncak Mongkrong, jembatan kayu berbentuk huru V terbalik menjadi tempat paforit untuk berselfie ria. berbagai gayapun kami lakukan seolah tak mau melewatkan momen terbaik saat berada di puncak Mongkrong. gaya yang kami sukai adalah saat kami loncat menggunakan sapu lidi bergaya seolah kami terbang ala nenek sihir. walau menegangkan tapi mengasikan, rupanya gaya tersebut menjadi perhatian pengunjung lain dan ahirnya merekapun mengikutinya. 


Ini bukanlah kalibiru atau The Lodge bandung tapi ini merupakan puncak Mongkrong yang menyediakan rumah panggung dengan View yang tak kalah indahnya. Tak perlu merogoh kocek untuk menaiki panggung tersebut, cukup dengan keberanian berada di  ketinggian dan mendapatkan pengalaman yang tentunya sangat luar biasa. jika cuaca bersahabat dari sini kita dapat melihat pesona Candi Borobudur di antara awan yang memutih, sungguh indah bukan??


Hampir 2 jam sudah kami di suguhi panorama alam Magelang melalui Puncak Mongkrong, seolah tak mau beranjak kamipun merasa betah dan berharap cuaca tak semendung di pagi ini. tapi kami tetap bersyukur dapat menikmati keindahan Mongkrong walau View Sunrise tak kami dapatkan. mudah-mudahan suatu saat kami dapat kembali lagi dan mendapatkanya. 


Inilah keindahan Alamu Wahai Sang Pecipta, suguhanmu sungguh luar biasa tak terkira dan tak dapat kulukiskan dengan kata-kata, kewajiban kami adalah menjagamu agar tetap indah sampai kapanpun, tak ada Vandalisme, tak ada sampah dan tak ada yang berkurang dari hari ini dan selamanya. saya bersukur dapat menikmatimu di pagi ini dan mudah-mudahan suatu saat saya akan kembali dengan orang-orang yang saya sayangi. 

5 comments:

  1. Jangan sampai gagal Selfi
    Buahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha kocak emang mba.. tapi bener juga nih.. jangan sampai kita gagal

      Delete
  2. Mantap bang jadi pengen lihat suasana indonesia karena menurutku indonesia itu indah sekali

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete