Monday, June 13, 2016

Asyiknya Wisata Berkuda di Paku Haji Bandung Barat



Setelah menikmati keindahan rumah Hobit dan keunikan rumah bergaya eropa di Farmhouse Lembang ke esokan harinya kami di ajak oleh mas Aji ke sebuah tempat yang cukup alami masih di sekitaran Cimahi Bandung Barat. Tempat wisata nan sepi tapi menawarakan beberapa wahana Cocok Untuk anak-anak. Wisata Kuda dan Warung Liwet Paku haji itulah nama tempatnya yang letaknya tak jauh dari kediaman mas Aji. setelah mengendarai motor beberapa menit ahirnya sampai juga di gerbang Obyek wisata ini.  Wisata Kuda Paku Haji terletak di Jl. H Gofur KM 4 Kecamatan Ngamprah kabupaten Bandung Barat Cimahi. 


Tiket masuk ke Obyek wisata ini cukup murah, kami hanya membayar Rp. 5000 saja bisa langsung memarkirkan kendaraan di area  yang cukup teduh terlindungi pepohonan yang yang rindang ini. tak mau buang waktu banyak kamipun berkeliling di area Obyek wisata kuda, ada beberapa wahana yang di tawarkan di sini diantaranya adalah wahana berkuda yang menjadi unggulan, Kebun binatang mini, Wahana ATV, Kuliner nasi Liwet, Wahan Kincir, kolam renang, Area Play group Out Boud Camp Area dan Flying Foux 



Sebelum menikmati wahan yang di tawarkan di Wista Kuda Paku Haji, kami menyempatkan diri untuk berkeliling menikmati kebun binatang mini, ada beberapa satwa yang terdapat di kebun binatang mini ini di antranya ada beberapa ekor kambing, beberapa burung merak dan burung beo yang selalu menyapa pengunjungnya serta burung dara hasil persilangan, serta beberapa kera putih yang bergelantungan di kandang. tak banyak memang satwa yang ada disini tapi cukup membuat anak-anak terhibur. 

setelah berkeliling menikmati kebun binatang mini, kamipun rehat sejenak di pinggiran taman. di sini terdapat beberapa fasilitas permainan anak-anak yang bisa kami nikmati. suasana yang teduh di dukung sejuknya udara yang berhembus di pagi ini menambah suasana semakin menyenangkan.  


Tepat pukul 09.00 Wib wahan berkudapun di buka, kamipun menuju kesana, untuk dapat menikmati wahan ini kami harus membeli tiket Rp. 15.000/ anak, dengan mengantongi beberapa tiket kamipun menuju ke wahana tersebut. ada beberapa jenis kuda yang ada disini, kuda lokal dan kuda impor, kuda impor biasanya hanya di tunggangi pengunjung yang sudah berpengalaman. untuk pemula atau anak-anak hanya dapat menunggangi kuda lokal saja. tak antri untuk dapat menguji nyali anak-anak menunggang kuda, Zahra dan alfi terlebih dulu menunggang kuda. 


Yaqhdan dan Safira pun mendapat giliran menunggang kudanya, dengan di iringi petugas mereka melaju pelan lama kelamaan kencang, kudapun berkeliling diatas lahan dengan kontur tanah yang miring dan tidak rata, harus ekstra hati-hati di sini. dengan beberapa putaran ahirnya kudapun menepi, tetapi tampaknya mereka masih menginginkan menaiki kuda tersebut lagi. merekapun berkeliling dengan menggunakan kudanya namun kali ini tanpa di ikuti petugas. seru juga rupanya menaiki kuda di Obyek wisata Kuda Paku Haji. 



Setelah seru seruan menunggang kuda kamipun mengajak anak-anak beristirahat di tepi lapangan, zahra, galuh bermain di area bermain, menaiki beberapa wahana yang ada di sana, sementara adan dan fira memilih menaiki pepohonan mangga yang ada di tepian lapangan. sambil menikmati udara yang sejuk kamipun bersendau gurau di sana. jam menunjukan puku11.3karena ini hari jumat kami (mas aji,  nasir dan saya ) bersiap untuk menunaikan sholat jumat. 




Waktu menunjukan pukul 13.00 setelah menunggu lama ahirnya petugas yang di tunggupun datang, seolah tak sabaran syafira, Zahra dan alfipun bergegas menuju area flying Fox. dengan embeli tiket sebesar Rp. 15.000 mereka dapat bermain wahan tersebut. banyak juga wisatawan yang berminat menaiki wahan ini, sehingga terpaksa mereka harus mengantri. ahirnya datang juga giliran mereka untuk bermain Flying Fox. takut juga sebenanya syafira menaiki menara flying Fox sayapun menemani syafira untuk mencapai puncak menara. dengan semangat yang saya berikan ahirnya dia dapat meluncur dengan mantap. entah apa perasaanya yang pasti ini pengalaman yang pertama syafira meluncur dari ketinggian. 



Setelah menaiki wahan yang sangat menegangkan buat syafira sekaligus pengalaman pertamanya, kamipun memilih wahan ATV, dengan membayar Rp. 10.000/orang ahirnya ATV pun dapat di nikmati oleh mereka, syafira, Zahra dan yaqhdan memilih menaiki di depa kemudi, sambil perpegangan erat merakapun mulai melaju, Rute ATV mengelilingi obyek wisata paku haji, kontur tanah yang miring. berliku dan terjal membut perjalanan ATV ini semakin tegang. terkadang yaqdan memejamkan matanya dan berteriak seolah ketakutan. sayapun mengikuti ATV sambil berlari-lari. setelah berkeliling jauh ahirnya finis juga yaqhdan nampak pucat sedangkan yang lain tampak senang. sayapun bertanya kejagoan kecilku, apa yang ia trasakan ? yaqhdan menjawab seru tapi takut... inilah keseruian di Paku haji,, hari mulai gerimis kamipun segera meninggalkan obyek wisata tersebut. 


2 comments: