Tuesday, June 14, 2016

Replika Fosil Gajah Purba di Alun-alun Blora


Kamis 9 juni 2016 tepat pukul 05.00 Wib sampai juga saya di Kota Blora, setelah menempuh perjalanan yang sangat melelahkan ini. Blora merupakan salah satu kabupaten di Semarang, yang berjarak sekitar 127 KM sebelah timur Semarang. dan merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Jawa Timur. Ada Beberapa hal yang harus saya lakukan di kota ini,anganku adalah mengenal lebih dekat suku Samin, tapi aku yakin itu tak mungkin, karena jadual yang padat waktu sangat singkat di kota ini. hari pertama di kota blora aku disibukan dengan kegiatan yang sangat padat hingga waktupun merayap tak terasa cepat. 


kumandang Azan maghibpun bergema, aku yang berada di sudut Blorapun menyantap menu buka puasa yang di sediakan panitia Poltekes Blora,  rasa lapar dan dahagapun hilang seketika menjadi nikmat yang terkira, selesai melaksanakan sholat maghrib sayapun beranjak meninggalkan Poltekes menuju sebuah Hotel di kawasan Pusat kota Blora. Hotal Al madina namanya, hotel ini terletak di Alun-alun kota blora. 

jam bergulir teramat cepat waktu isya pun datang, setelah membersihkan diri sayapun bergegas menuju sebuah masjid yang terdapat di sekitar alun alun Blora untuk melaksanakan terawih,setelah melaksanakan ibadah tarawis sayapun berniat untuk lebih mengenal kota Blora lebih dekat. dengan berkeliling di Alun-alun Blora. 



Alun - alun Blora merupakan tempat paling paforit di kota ini, kawasan ini merupan Iconya Kota Blora, alun-alun yang terletak di jantung kota dan merupakan tempat pertemuan dari jalan pemuda jalan Mr Iskandar, Jl RA Kartini serta merupakan tembusan dari jalan alun-alun barat. menjadikan tempat ini menjadi Istimewa buat warga setempat. taman terluas di Kota blora setiap menjelang berbuka dan sehabis tarawih selalu ramai saja oleh warga setempat yang menikmati menu jajanan ringan atau sekedar ngopi-ngopi bareng komunitasnya. 


Di sekiling Taman ini banyak di jumpai berbagai penjual makanan dan minuman ringan, mereka menggelarkan tikar untuk menarik para pengunjung menikmati malamnya kota Blora. Sate khas blora pun dapat di nikmati di alun-alun ini, ada yang unik di alun alu Blora , tepat di tengah-tengah terdapat Pohon beringin yang besar dan rimbun lampu penerangan membuat pohon ini semakin anggun kokoh di tengah alun - alun. 


Sayapun berkeliling mengitari alun-alun, melewati taman BRI yang mempercantik Alun-alun, serta kantor pemerintahan Kota Blora menjadikan tempat ini semakin ramai saja, ada yang unik di sekitar alun alun indan yang menjadi tempat kebanggaan warga Kota Blora, sebuah bangunan kecil di pojok alun alun dan nampak ramai, bangunan tersebut merupakan tempat replika Fosil Gajah Purba di pajang. replika Gajah purba ini di pajang saat pergantian tahun 2014 menuju 2015. 


Replika Fosil gajah purba di pajang di sebuah ruangan yang bergabung dengan gedung sasanabakti Blora. Fosil Gajah purba yang asli saat ini di pajang di aula utama musium geologi Bandung . fosil gajah ini di temukan di dukuh Sungguh Desa mendalem kecamatan Kradean Blora. pada bulan maret 2009 dan di perkirakan berusia 200.000 - 800.00 tahun . 
temuan tim Vertebrata musium Geologi Bandung merupakan temuan terlengkap sepanjang 100 tahun terahir dan fosilnya pun reklatif utuh . badan geologi bersama pemerintahan kabupaten Blora dan pemerintahan propinsi Jawa Tengah sepakat menyatakan temuan ini sebagai aset nasional.  



Meskipun hanya berupa replika, replika ini mampu menjadi magnet setiap wisatawan dan warga yang berkunjung di alun-alun kota blora. setidaknya saya dan warga Blora serta  wisatawan yang berkunjung di kota ini menyaksikan dengan langsung sisa-sisa jaman Pra Sejarah yang sangat luar biasa tersebut. takjub dengan temuan besar ini sayapun tak mau beralih dari ruangan ini. lama rasanya saya mengagumi replika fosil ini sampai malampun beranjak dan sayapun kembali ke hotel yang berada tepat di sekita alun-alun. 







2 comments:

  1. Menikmati suasana blora yang mengesankan suasana malamnya damai

    ReplyDelete
  2. Menikmati suasana blora yang mengesankan suasana malamnya damai

    ReplyDelete