Thursday, January 12, 2017

Pantai Drini Gunung Kidul


Masih di sekitaran Gunung Kidul Yogyakarta, Pantai Drini menjadi pantai terahir yang kami kunjungi. selain jarak yang bersebelahan dengan pantai Watu Kodok pantai Drini konon merupakan pantai yang eksotik makanya kami penasaran dengan pantai tersebut. 

Minggu 19 Desember 2016 di penghujung tahun setelah merengkuh keindahan Pantai watu kodok baik sunset maupun sunrisenya tepat pukul 09.00 Wib kamipun meninggalkan pantai nan penuh kenangan itu menuju pantai Drini. Pantai Drini terletak di Desa Banjarejo Kecamatan  Tanjungsari Gunung Kidul Yogyakarta. Lokasi Pantai Drini Tepat di sisi timur Pantai Baron dan sisi Barat Pantai Watu Kodok.

Keindahan Pantai drini sudah terdengar oleh para pelancong yang datang  ke Yogjakarta, tak heran pantai ini selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. papan petunjuk yang jelas memudahkan mencapai pantai tersebut. ada beberapa rute yang bisa di lalui jika ke pantai nan eksotis tersebut. 

pertama dari Yogjakarta - Jl. Wonosari - Piyungan - Patuk - Wonosari - Jl. Baron - tepus ( Lewat Pintu masuk timur ) - Pantai Indrayanti - Pantai Sundak - Pantai Drini.
Kedua dari Yogjakarta - Jl. Wonosari - Piyungan - Patuk - Sambipitu - Gading ( Lapangan Terbang ) - Siono - Wonosari -  Jl. Baron - Kemadang- Pantai Baron- Pantai Kukup - Pantai sepanjang  - pantai Watukodok - Pantai Drini

Ketiga dari Yogjakarta - Jl. Wonosari - Piyungan - Patuk - Sambipitu - Gading ( Lapangan Terbang ) - Playen - Paliyan - Saptosari - pasar Trowono - Kemadang -  Pantai Baron- Pantai Kukup - Pantai sepanjang  - pantai Watukodok - Pantai Drini


Vasilitas di mantai drini terbilang lengkap. gazebo berjejer di sepanjang pantai menawarkan aneka menu khas pantai, dari cumi, kepiting, udang yang pasti akan membuat anda terpuaskan. selain untuk makan di gazebo tersebut juga bisa untuk bermalam secara free looh.. kalian cuma memesan kopi/minuman lain dan makanan ringan saja sepanjang  malam ujar pemilik salah satu gazebo atau bisa juga menginap di homstay dengan tarif berkisar 100- 250.000/malam.  


Pantai Drini merupakan pastaai yang teristimewa di Gunung Kidul, pantai tersebut mempunyai sebuah pulau kecil  tepat di tengah-tengah pantai. pulau tersebutlah yang membagi pantai drini menjadi dua bagian yaitu sisis timur pantai yang lebih tenang dan aman untuk bermain bagi anak-anak dan sisi barat pantai dengan ombak yang relatif garang. hal m inilah yang membuat keunikan pantai tersebut.


Pak Apri dan anaknya asik bermain di sisi sebelah timur pantai Drini, Deretan tebing yang berdiri kokoh membuat pantai Drini semakin menarik, karang-karang yang terjal membentuk laguna alami yang berdiri angkuh seolah menantang amukan ombak yang datang  di padukan dengan pulau karang kecil akan semakin anggun keindahan pantai Drini. 


Di Bagian Tengah Pantai merupakan Jalur menuju Pulau Kecil yang di kenala dengan Pulau Drini, di jalur tersebut terdapat kumpulan pasir berwarna hitam dengan diameter yang sangat halus bercampur dengan pasir putih yang lembut menurut informasi pasir hitam ini berasal dari sungai bawah Tanah yang bermuara di pantai Drini. Jika kita akan menuju puncak Pulau drini kita dapat menyusuri jalan setapak menuju puncak. saat surut kitapun berjalan menyusuri pantai dan menaiki tangga ke arah puncak. di pulau ini dahulu banyak di tumbuhi tanaman santigi atau di sebut warga sekitar tumbuhan drini. tak heran pantai ini di sebut pantai Drini. 


Sebelah Barat pantai Drini Berbatasan dengan Pantai Watu Kodok, Disis barat inilah ombak garang siap menerjang, di sisi barat ini tak rekoment untuk anak-anak mandi atau berenang karena ombak yang terkadang tiba-tiba besar, Namun pesona sisi timur pantai Drini cukup menawan deburan ombak yang menerjang karang yang menjorok ke tengah laut serta deretan kapal-kapal nelayan berjejer di tepian pantai menambah keelokan pantai tersebut. 


Saya bersama erdi tak mau kehilangan kesempatan menikmati keindahan alam yang Allah ciptakan, berbagai sisi kami lewati  tentunya dengan tawa dan candaan sebagai pengiring perjalanan di pantai ini.  tak terasa matahari berlahan merengkak tinggi dan mulai menyengat kulit kamipun sepakat untuk meninggalkan pantai nan indah ini. 


Keindahan pantai Gunung kidul sangat rekomend untuk di kunjungi setiap pelancong yang datang ke yogjakarta, pantai nan bersih dengan pasir putih yang halus serta karang-karang nan indah menjadi daya tarik tersendiri pantai Gunung Kidul. usai sudah perjalanan kami menyusuri beberapa pantai di Gunung kidul tepat pukul 11.00 Wib kamipun meninggalkan Gunung Kidul menuju Kulon Progo , semoga suatu saat kami akan kembali lagi. Amiin

2 comments: