Tuesday, January 3, 2017

Pantai Ngobaran Gunung Kidul



Inilah perjalananku bersama sahabat traveler Erdi Rosadi dan Kang Azis, Setelah kemaren dimanjakan akan keindahan Magelang dan pagi  ini tanggal 18 Desember 2016 di suguhi oleh pesona perbukitan nan indah di daerah Mangunan sekarang giliran pantai menjadi incaran kami. Pantai daerah gunung kidul yang konon sangat cantik membuat kami penasaran. salah satu pantai yang kami kunjungi adalah pantai Ngobaran. 


Pantai Ngobaran merupakan pantai pertama yang kami singgahi, pantai kaya akan seni budaya dan pesona yang menakjubkan, pantai ini di kenal dengan Bali kecil di Gunung Kidul, kenapa begitu?? di Pantai tersebut terdapat sebuh Pura yang merupakan bangunan untuk beribadah agama tertentu dan di kaitkan dengan ritual kepercayaan kejawan bukan kejawen yaa dan uniknya lagi pura tersebut berdampingan dengan sebuah masjid dan keduanya menghadap ke laut Gunung Kidul. pantai ngobaran juga sering di kaitkan dengan cerita Prabu Brawijaya ke V yang merupakan keturunan terahir dari kerajaan Majapahit.


Perjalanan ke Pantai Ngobaran kami lakukan setelah kami menikmati keindahan air terjun Randu Sari di daerang Dlinggo kabupaten Bantul, untuk mencapai keindahan dan keunikan pantai Ngobaran kami menyusuri jalanan yang penuh liku, petunjuk yang jelas mengarahkan kami ke deretan pantai Gunung Kidul. ada beberapa tiket yang kami harus bayar untuk dapat menikmati keindahan pantai - pantai gunung kidul tiket pertama seharga Rp. 9.500/orang kawasan Pantai Drini krakal dan pantai-pantai lainya dan Rp.9.500/2 orang untuk kawasan pantai Ngrenehan dan pantai Ngobaran.

Pantai Ngobaran terletak di desa Kanigoro Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta, ada dua jalur yang dapat di gunankan untuk mencapai pantai Ngobaran jika pengunjung menggunakan jalur  yogyakarta - lanud Gading - pertigaan Gading ke kanan - Plyen - Paliyan - Trowono - Saptosari sampailah ke Pantai Ngobaran atau menggunakan Jalur Yogyakarta - Kota Wonosari - Paliyan - Trowono dan pantai Ngobaran. petunjuk yang jelas akan membawa wisatwan ke Pantai-pantai Indah Gunung Kidul salah satunya pantai Ngobaran.

Tepat Pukul 14.30 kami sampai di kawasan Pantai Ngobaran dan Pantai Ngrenehan. panas terik mentari tak menghalangi kami menikmati keindahan pantai yang sangat eksotis ini. Setelah memarkirkan kendaraan di area pantai Nguyahan kamipun bersiap ke tepi pantai. Sementara Mas Azis dan keluarga bang Apri ke pantai Nguyahan saya dan erdi menuju Pantai ngobaran. karena rasa penasaran akan keunikan pantai tersebutlah yang membuat kami memilih ke pantai Ngobaran terlebih dahulu.  untuk dapat ke Pantai Ngobaran kami harus berjalan sekitar 100 meter melewati pantai Nguyahan, jalan menanjak dan terik yang menyengat tak menghalangi langkah kami, ahirnya sampai juga di pantai Ngobaran. 

Kamipun memasuki pantai Ngobaran, Pintu gerbang pura pun kami lewati, banyak wisatawan yang berkunjung dan menikmati keunikan pantai ini. tak seperti pantai lainya yang menyuguhkan ombak dan pasir putih pantai Ngobaran menawarkan ke unikan yang berbeda, kekentalan Kultur dan budaya sangat kami rasakan,kami seperti berada di Uluwatu Bali saat menginjakan kaki kami di pantai Ngobaran, sebuah pura yang berada di bibir pantai di atas karang, tetapi lain halnya dengan Uluwatu di Pantai Ngobaran terdapat Masjid yang menghadap keselatan atau ke pantai, sungguh unik bukan dua tempat ibadah bersanding menjadi satu kebinekaan yang yata bukan???

Selain dua tempat ibadah yang sangat unik tentunya mengandung nilai religi yang sangat kental dan kisah atau cerita rakyat yang di kaitkan dengan kerajaan majapahit, pantai ini menawarkan pesona karang-karang yang menakjubkan, jika kita mau berjalan menyusuri jalan setapak di samping pura kita akan sampai di beberapa karang yang sangat memepesona, pantai yang masih alami menurutku,pantai yang kaya akan biota laut seperti rumput laut, landak laut,  bintang la, lobster dan kerang laut banyak di temukan di sela-sela karang yang berada di pantai Ngobaran, banyak aktivitas warga setempat yang sedang mencari biota laut tersebut.



Duduk-duduk santai sambil menikmati semilirnya angin pantai dan menikmati karang-karang yang menjulang serta keunikan bangunan pura di tepi pantai adalah keindahan dan kepuaan tersendiri buat saya dan erdi. mudah-mudahan keindahan pantai ngobaran masih terjaga agar anak cucu kita nanti dapat menikmati pesona pantai ini. tentunya dengan menjadi wisatawan yang baik dengan tidak membuang sampah dan tidak berprilaku vandal akan ikut menjaga keindahan pantai ini. so jadi kapan kalian menikmati Balinya Gunung Kidul??

No comments:

Post a Comment