Monday, January 9, 2017

Pantai Nguyahan Gunung Kidul


Bukan Yogjakarta namanya jika tak memanjakan mata setiap pengunjungnya berbagai wanawisata yang super duper keren di sajikan di kota gudeg ini, maka tak heran setiap pelancong yang datang ke Yogjakarta bilang yogja selalu ngangenin, itulah jogja dengan beribu keindahananya salah satunya adalah wisata pantai yang keren ini, pantai dengan nama yang unik yang terletak di daerah Gunung Kidul.Gunung kidul terkenal dengan keindahan akan pantai -pantai yang menawan. deretan pantai dengan hamparan pasir putih dan karang-karang yang menghijau akan memanjakan setiap wisatawan yang datang ke tempat ini.  



Pantai Nguyahan namanya, pantai Indah yang terletak di Desa Kanigor,kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, berjarak sekitar 70 Km dari Pusat Yogjakarata atau bisa di tempuh denagn 1,5 jam perjalanan baik menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. tak terlalu sulit untuk dapat menikmati keindahan pantai Nguyahan ada beberapa rute untuk menuju pantai tesebut.
rute pertama YOGYAKARTA -> Piyungan -> Patuk -> Gading ( Lapangan Udara ) -> Belok Kanan _> Playen ->Paliyan -> Pasar Trowono -> Kanigoro -> pantai ngobaran - Pantai Nguyahan
Rute kedua Yogyakarta -> Bantul -> Parangtritis -> Panggang -> Saptosari ->Pasar Trowono -> Kanigoro -> Pantai Ngobaran - > pantai Nguyahan. 
 tiket untuk menikmati kedua pantai nguyahan, ngobaran seharga Rp.9.500/2 orang terbilang murah bukan.??

Setelah menikmati bali kecil nya Gunungkidul di pantai Ngobaran dan takdapat merasakan ombak dan pasir di pantai tersebut. kamipun berjalan ke pantai Nguyahan. pantai Nguyahan terletak tak jauh dari pantai Ngobaran kami berjalan mengikuti mengikuti jalan aspal yang menanjak kemudian jalanan turun sudah terlihat pantai Nguyahan. Mungkin jarak pantai ngobaran dan pantai Nguyahan tak lebih dari 400 meter saja atau sekitar 10-15 menit jalan santai.


Pantai Yang unik menurutku dengan nama yang unik pula, Pantai Nguyahan konon di tempat ini sejak Zaman belanda merupakan tempat pembuatanan Uyah (bahasa Jawa ) atau garam dan pada jaman belanda di tempat inilah sebagai tempat meminta upeti berupa garam. maka tak heran tempat ini terkenal dengan sebutan Nguyahan yang berarti tempat pembuatan garam.


Pantai Nguyahan tak sesepi dulu, kini para Traveller sudah banyak yang tau akan keindahan yang di sajikan di pantai ini, pantai inipun ramai dikunjungi baik wisatawn lokal maupun internasional. pantai dengan pasir putih yang menghampar dan dua buah karang yang menghimpit serta ombak yang tenang menjadikan pantai Nguyahan menjadi tempat paforit anak-anak untuk bermain gelombang air laut. 


tak seperti keluarga pak Apri dan anaknya yang sedang asyik bergelut dengan ombak pantai nguyahan saya dan erdi memilih untuk berjalan menyusuri bibir pantai yang membiru, menikmati semilirnya angin pantai, merasakan jilatan ombak yang sesekali datang dan sambil melihat para nelayan yang sedang mencari lobster dan landak laut sebagai makanan khas yang di sajikan di pinggiran pantai.ngobaran dan nguyahan. 


Jika terik menyengat kulit traveller bisa menyewa tiker yang berada di pinggiran pantai, kita bisa berteduh sambil menikmati keindahan pantai nguyahan. pantai yang indah dengan pesona yang tak terlupakan. cukup lama kami berada di sini seolah tak puas dengan keindahan pantai dan ketenangan ombaknya kamipun enggan beranjak. tetapi apa mau di kata kami akan menikmati suasana sunset di tempat lain.kamipun segera menepimeninggalkan pmbak Pantai Nguyahan.


ada tempat yang rekomend jika traveller akan beristirahat di pantai Nguyahan sejenak meluruskan kaki dan mengisi perut berada di area parkiran tepatnya di samping mushola dan merupakan tempatnya bacpaceker makan dan minum, setelah kenyang dan bersih bersi tepat pukul 17.00 WIB kamipun meninggalkan Pantai Ngunyahan Menuju Pantai Watu Kodok untuk berburu sunrise.

2 comments:

  1. Bikin ngiler liatnya pantainya masih jernih ya

    ReplyDelete
  2. youtube - Videosl.cc
    youtube - YouTube - YouTube ad for videos. youtube.com. #videosl.cc. 1 year ago. youtube link to mp3 Watch free videos. #videosl.cc.

    ReplyDelete