Sunday, January 15, 2017

Belajar dan Bermain di Musium Zoologi Kebun Raya Bogor





 Kebun Raya Bogor sebagai salah satu Trandemark  rekreasi keluarga di kota bogor wajib di unjungi bila berlibur dengan anak-anak atau keluarga,  selain tempat yang strategis di pusat kota Kebon Raya Bogor mempunyai sejarah dan beberapa spot yang menarik di kunjungi. salah satu tempat yang cocok untuk belajar dan bermain adalah Musium Zoologi yang terletak  di samping sebelah kiri pintu masuk utama Kebun Raya Bogor. Untuk tiket masuk ke musium tersebut sudah termasuk tiket ke Kebun Raya Bogor sebesar Rp. 14.000/orang.



Setelah berkeliling  di Kebun Raya Bogor dan mengunjungi beberapa spot yang menarik ahirnya kamipun memilih Musium Zoologi sebagai persinggahan terahir tentunya sambil belajar dan bermain mengenal satwa yang ada di Indonesia. Musium Ini di bangun untuk mengenalkan keanekaragaman satwa yang ada di Indonesia dan perlu di ingat ini bukan kebun binatang jadi jangan harap dapat melihat satwa dalam keadaan hidup, semua satwa di sini merupakan miniatur/replika sesuai bentuk aslinya  atau binatang yang sudah di awetkan. 


Kamipun mulai memasuki pintu Musium Zoologi, pada awalnya faqih ketakutan melihat beberapa tengkorak satwa yang berada tepat di pintu masuk dia sempat teriak dan lari keluar ruangan tetapi setelah di yakinkan oleh syafira binatang tersebut adalah replika atau patung diapun masuk tanpa rasa takut. beberapa replika tengkorakl satwa menjadi pembuka di musium ini. kamipun berkeliling mengamati satwa-satwa yangberada di ruangan semacam aquarium.

 Beberapa spesies dan koleksi beebrapa burung dengan ekor yang sangat indah terpampang jelas di dalam aquarium, awetan burung kasuari mencuri perhatian anak-anak, ada juga koleksi burung trawa-rawa, burung hantu dan beberapa buirung lainya menghiasi musium Zoologi kebun raya bogor.


 Di tengah Ruangan Terdapat Seekor Badak besar yang  mencuri perhatian syafira, Yaqhdan dan fakih. badak tersebut berusia sekitar 102 tahun dan menjadi salah satu koleksi yang menarik, berada di sebuah aquarium besar di tengah ruangan menjadi kan badak tesebut dengan mudah di jumpai. Berdasarkan informasi yang saya dapat badak ini merupakan badak yang terahir yang hidup di Tasikmalaya jawa barat, bertujuan untuk di teliti dan menjadi koleksi Musium Zoologi Bogor. 


Badak yang di awetkan  ini mempunya berat lebih dari 2 ton ini merupakan badak Jantan Priangan, Saat masih hidup badak priangan ini tak sendiri ada seokor badak betina yang sama-sama hidup di daerah Karangnunggal Tasikmalaya Jawa Barat, di tahun 1914  badak betina di bunuh oleh pemburu gelap, dan hanya tersisi satu ekor badak jantan saja. 



Adapula koleksi beberapa binatang laut yang melengkapi musium Zoologi Kebun Raya Bogor. beberapa spesies kura-kura dan ikan menjadi pelengkap musiium tersebut.


Beberaoa Harimau yang di awetkan juga menjadi koleksi di musium ini, menempati ruangan qauarium yang di buat layaknya di hutan harimau ini sedang melakukan perburuan. harimau yang di awetkan di musium ini mempunyai kebiasaan yang unik. harimau merupakan hewan pemakan daging buruan utama selain babi hutan atau hewan liar seperti rusa harimau dewasa mampu menghabiskan 40 kg daging sekaligus dan setelah makan besar harimau ini mampu berpuasa selama 1 hingga 2 minggu. 


Di pojok di sebuah lemari aquarium terpampang tengkorak manusia yang  menggambarkan manusia sebagai, primata. selain itu ada tengkorak paus biru yang berukuran besar sehingga memakan ruangan yang perlu ruangan khusus.
 

Seru memang jalan - jalan sambil belajar yang menjadi bekal mereka kelak. mudah-mudahan suatu saat nanti kami bisa menikmati keindahan alam sambil bermain sekaligus belajar tentunya di tempat yang berbeda.

1 comment:

  1. Pragmatic Play adds new game features - JTM Hub
    Pragmatic Play has added a brand new game 안성 출장샵 feature that 춘천 출장마사지 allows its players to enjoy a 통영 출장샵 wide range of the 전라북도 출장마사지 new 광명 출장안마 slot machine.

    ReplyDelete