Friday, January 13, 2017

Air Terjun Kembang Soka Kulonprogo


Kulon Progro menjadi daerah tujuan terahir di perjalanan kali ini, kabarnya di sana ada sebuah air terjun yang cukup menarik banyak kulihat di akun Instragram memajang kemolekan akan curug atau air terjun Kembang soka. Sebenarnya Kulonprogo tak asing buat saya karena beberapa tahun yang lalu saya pernah singgah untuk menikmati keindahan bukit Menoreh dan Waduk Sermo dari atas gardu pandang di Kalibiru. namun saat ini berbeda saya  bersama Erdi, mas Azis dan keluarga mas Apri  tertuju pada air terjun Kembang Soka. 


Air Terjun Kembang Soka merupakan salah satu air terjun terindah di Yogyakarta, air terjun ini mempunyai daya tarik tersendiri  dan sangat unik tak heran sejak di buka pada tahun 2014 kawasan  ini  menjadi daerah wisata air Terjun Kembang Soka menjadi pusat perhatian para Traveller.Air Terjun Kembang Soka  terletak di Dusun Gunung Kelir Desa Jatimulyo Kecamatan Kulonprogo Yogjakarta. Untuk dapat mencapai are tersebut traveller di sarankan menggunakan kendaraan pribadi atau motor karena tentunya belum ada angkutan umum yang akan mengantar traveller ke Air Terjun Kembang Soka.


Tepat pukul 14.00 Wib sampai juga airnya kami di kawasan Air terjun Kembang soka setelah sebelumnya melakukan perjalanan panjang dari Gunungkidul - Wonosari - Yogjakarta - jalan Godean - Nanggulan - pegunungan Menoreh - Goa Kiskendo sampai ahirnya ke kawasan wisata air terjun Kembang Soka. setelah memarkirkan kendaraan dan membeli tiket seharga Rp.3000/orang kamipun segera menuju ke Air terjun tetapi sebelum turun kami sempatkan sholat terlebih dahulu di balai yang terdapat di pojok di dekat kamar mandi.

Kamipun segera menyusuri jalan setapak menuju Air terjun Kembang Soka, di petengahan jalan kami menjumpai mata air yang menjadi sumber dari salah satu air terjun di kawasan ini yang di sebut air terjun Kalimiri, sumber mata air tersebut di kenal dengan Tuk Jaran di percaya sebagai sumber rezeki, air yang jernih dan segar mengalir dari mata air tersebut dan pastinya bisa langsung di minum bila traveller kehabisan bekal air minum.

Kamipun terus melangkah, jalanan setapak berganti dengan jembatan bambu yang melintasi beberapa jurang yang rawan longsor, tak sampai 15 menit kami melangkah kami mendengar suara gemercik air yang semakin membuat kami penasaran. kamipun menikmati sebuah air yang sangat indah dari atas jembatan bambu kami di suguhi keindahan buih-buih putih yang mengalir menyusuri bebatuan, walau tak terlalu tinggi tetapi daya tariknya sangat mempesona.

air terjun pertama

Saya dan erdipun mendekati air terjun yang pertama di deretan Air terjun Kembang Soka. air terjun kembang soka berasal dari Mata Air yang keluar dari sebuah pohon kembang soka maka tak heran air terjun ini di  beri nama oleh warga sekitar air terjun Kembang soka. di air terjun yang pertama kami jumpai tak ada muara sehingga tak dapat di gunakan untuk berenang. 

air terjun kedua

Setelah puas menikmati keindahan air terjun yang pertama kamipun berjalan meyusuri jalan setapak dan kami menjumpai kembali jembatan bambu yang mengantarkan kami ke air terjun yang kedua. air terjun kedua ini lebih tinggi dan lebar. saya mencoba merasakan sensasi berada di bawah guyuran air terjun kembang sika. debit air yang begitu deras di sebelah kiri saya dan gemecik guyuran yang melebar di sebelah kiri saya membuat air terjun ini semakin mempesona. terdapat muara di air terjun ini dengan kedalaman mencapai 2 meter tepat di dasar air terjunya. 


Ada sebuah muara atau semacam bendungan di tiga curug ini, muara sungai yang berwarna hijau inilah menjadi tempat paforit traveller untuk bermanja ruia dengan dinginya air terjun kembang soka. dengan kedalaman berkisar 1 - 2 meter air ini cocok untuk berenang. ada beberapa spot untuk berselfie ria di tempat ini ada gardu pandang yang tepat berada di atas muara dan papan loncatan yang berdada di tengah muara atau jembatan bambu yang melintasi muara kembang soka. 


Air Terjun Kali kemiri menjadi latar lanscape yang indah bila di lihat dari depan muara kembanhg soka. View yang di tawarkan air terjun kembang soka sungguh luar biasa. kamipun betah berlama-lama di sini. saya mencaba menyatu dengan dinginya muara kembang soka, menyusuri dan menikmati setiap jengkal sisi air terjun yang mempesona ini. air yang tak terlalu deras bahkan tenang berwana kehijauan dengan air terjun di dua sisi sangat memanjakan setiap traveller yang datang.


fasilitas di Air terjun Kembang soka terbilang lengkap, ada beberapa Gazebo yang berada di sepanjang aliran sungai yang menawarkan beberapa makanan ringan dengan harga yang terbilang murah. penyewaan alat-alat untuk berselfie ria seperti hamhock, tenda, ban dalam dan lainya. atau mau ngopi-ngopi di sekitara air terjunpun cukup dengan memesanya saja. kebersihan air terjun kembang soka patut dijaga oleh setiap pengunjung atau para traveller. 

Setelah puas menyatu dengan dinginya air kembang soka sayapun menuju air terjun kalimiri, air terjun ini sangat unik bahkan terbilang cantik. air yang mengalir melebar kesamping, debit tak terlalu deras membuat air terjun kalimiri bisa di dekati oleh siapapun, tetapi tetap harus berhati-hati bebatuan licin berada di sekitar air terjun tersebut.

Keindahan air terjun Kembang soka patut di ancungi jempol, mungkin benar air terjun ini merupakan air terjun terindah di Yogyakarta. Mudah-mudahan suatu saat nanti kan kubawa orang-orang tercinta ke tempat ini untuk menikmati pesona air terjun Kembang Soka Kulonprogo.

1 comment: