Sunday, August 16, 2015

Hot Spring Tirta Sanita Ciseeng

Sabtu 01 agustus 2015
Tepat pukul 07.00 kami berangkat ke arah Parung Bogor, Tujuan perjalanan kali ini adalah ke Kolam Air panas Tirta Sanita yang terdapat di Ciseeng Parung Bogor. untuk menuju ke lokasi tersebut dapat di tempuh dari berbagai arah baik  menggunakan kendaraan pribadi, angkutan atau sepeda motor
  1. jalur Bogor-Jampang hingga perempatan Ciseeng, kemudian ambil jalan lurus ke gunung kapur
  2. Dari Bogor menuju pasar parung - Bojong Indah kemudian ambil jalan kekiri menuju gunung kapur
  3. Dari Jakarta, melalui tol Pondok Indah - Serpong kemudian melewati muncul /puspitek sampai perempatan pasar prungpung ambil jalan lurus kurang lebih 4 km, lokasi ada di sebelah kiri
  4. jika tidak menggunakan tol dari jakarta ke lebak bulus - pondok cabe - parung belok kanan ke arah ciseeng
  5. dari pasar Ciputat menuju parung di lanjutkan jalur no 2
  6. dari Depok ke Sawangan menuju pasar parung kemudian ke arah ciseeng
  7. dari Tangerang menuju serpong kemudian Puspitek - pasar prumpung lalu lurus ke arah gunung kapur
  8. jika menggunakan angkutan umum Gunakan angkot D-29 dari Ciputat menuju Parung kemudian berhenti di pertigaan menuju Ciseeng , kemudian naik angkutan jurusan Ciseeng - muncul turun tepat di depan lokasi.
jalur yang saya pilih adalah melalui Serpong, perjalanan ke arah serpong dari Ciledug tak mengalami hambatan sedikitpun, jalanan yang mulus dan lancar mempercepat kami tiba di Muncul, melewati Muncul jalanan yang kami lewati mulai mengalami perubahan, jalanan yang rusak serta genangan air membuat perjalanan sedikit tersendat. Kamipun harus berhati-hati dalam memilih jalan, Salah jalan kami bisa terpeleset dan jatuh kedalam kubangan air dan lumpur. setela menyusuri jalanan yang rusak sampai juga kami di Ciseeng. sebelum ke lokasi kami memutuskan untuk mencari sarapan terlebih dahulu, dan Bubur ayam yang di depan Pom bensin menjadi sasaran kami.

setelah kenyang kami segera menuju pintu masuk kolam air panas Tirta Sanita, harga tiket masuk ke kolam ini adalah Rp. 12.000/pengunjung. kamipun segera menyusuri tempat wisata  ini, saat masuk ke dalam kami di sambut beberapa wahana anak-anak. Langkahpun kami lanjutkan, tak beberapa lama kami dapat menjumpai area outbound yang berada tepat di atas sebuah danau.

Fasilitas outbond di wisata air panas Tirta Sanita ada beberapa macam, Flying Fox dan ujung lintasan tali panjat. tapi sayang pada saat kami di sana kedaan outbond sepi kamipun melangkahkan kaki ke sebuah batu putih indah yang berukuran besar.

Batu berukuran besar ini berwarna Putih berbentuk seperti lelehan dan seperti gunung salju,  hal tersebut di karenakan kandungan belerang yang terdapat di gunung kapur ini. kamipun meminta ijin kepada petugas yang berada di sekitar gunung kapur untuk menaiki Batu besar ini, dan petugas menyarankan untuk berhati-hati karena batu yang licin akibat hujan semalam. dari atas batu kami bisa menikmati keindahan suasana gunung kapur, sambil merasakan semilir angin yang menyapa dan pesona alam ciseeng kamipun beristirahat sejenak.

Dari Atas gunung kapur ini kami juga dapat menikmati pemandian terbuka yang sudah mulai rusak dan sepertinya sudah tidak di gunakan lagi. Kolam ini di pagari oleh kawat besi. sangat di sayangkan tempat yang indah seperti ini telah rusak, satu hal yang paling memprihatinkan saat di puncak banyak sekali sampah berserakan mulai dari plastik, tempat makanan dan tempat minuman di buang seenaknya saja.

Puas dengan keindahan dari atas gunung kapur kami segera turun dan berkeliling ke tempat lainya, di sebelah kiri batu besar terdapat tempat yang cukup menjadi perhatianku, tempat ini seperti gua.

Setelah puas menikmati keindahan wilayah pemandian Tirta sanita kami memutuskan untuk menikmati hangatnya air belerang yang terdaapat di pemandian ini, ada beberapa tempat yang di sediakan. kami menuju kolam rendam bougenfil.

untuk menikmati Hangatnya air belerang kami harus membeli tiket masuk, untuk ke kolam rendam tiket masuknya Rp. 5000 sedangkan jika mau mennggunakan kolam rendam yang Vip tiket masuknya adalah 15.000. untuk menuju kolam rendam ini kita melewat jembatan, kolam rendam Vip ini berbentuk seperti bilik, dan hanya di gunakan untuk satu orang dalam waktu 20 menit. di kolam ini saya pun berendam dan menikmati hangatnya air belerang, dalam waktu 20 menit badanpun di harapkan segar kembali.

Selain kolam rendam, di sini juga di fasilitasi tempat penginapan penginapan dengan tarif 130.000-150.000 untuk 6 jam atau 170.000 - 200.000 per malam untuk sehari.

setelah puas berendam dan menikmati indahnya Kolam renang Tirta Sanita perjalananpun kami lanjutkan ke Gunung Munara.

1 comment:

1. mantap info wisata gunung ciseeng bogornya trims sdh berbagi info wisata..yg mau wisata online via google bisa buka link ini :

GOOGLE MENYEDIAKAN FSILITAS WISATA ONLINE VIA GOOGLE MAP...simak aja tamasya dgn google yg sudah saya buat videonya...