Thursday, April 9, 2015

MASJID KUBAH EMAS DEPOK JAWA BARAT


Masjid Kubah emas merupakan sebuah masjid yang berada di tepi jalan raya Meruyang limo Depok, masjid ini selesai di bangun pada tahun 2006, oleh Hj Dian Djuriah Maimun Al Rasyid sejak tahun 2001. Selain sebagai tempat ibadah salat bagi umat muslim, Komplek masjid ini juga menjadi kawasan wisata yang menarik perhatian banyak orang. hal ini karena kubah-kubahnya yang terbuat dari emas.
Perjalananku ke masjid ini ku lakukan beberapa bulan yang lalu di ahir tahun 2014, dengan menggunakan sepeda motor dengan mudah saya sampai di area yang luar biasa ini. jam 10 tepat saya sampai di kawasan masjid ini, tapi sayang masjid ini baru di buka sekitar jam 11.00 alhasil sayapun harus menunggu, sambil menunggu saya berkeliling di luar sekitar area masjid yang banyak berdiri warung yang menawarkan pernak pernik oleh-oleh.
Tepat jam 11 pintu gerbang di buka, dengan membayar parkir post sayapun memasuki kawasan masjid ini.Berjalan menuju masjid saya melewati beberapa taman di kanan kiri yang sangat terawat, bersih dan rapih. 5 menit kemudian sayapun sampai tepat di depan halaman masjid.


Masjid ini memilik 5 kubah, Satu kubah utama yang menyerupai kubah Taj Mahal yang berdiameter 20 meter dan tinggi 25 meter dan 4 buah kubah kecil dengan diameter di bawah 6 meter dengan tinggi 8 m. Kubah - kubah ini sangat unik karena seluruh kubah di lapisi Emas setebal 2-3 mm dan mozaik kristal.Secara umumm arsitektur masjid mengikuti arsitektur masjid di timur tengah dengan ciri kubah. sungguh luar biasa megahnya masjid ini.


Sayapun mulai mengelilingi masjid, tepat di samping masjid ada suatu bangunan yang sangat luas, Bangunan ini di manfaat kan oleh pengunjung untuk beristirahat, baik untuk makan atau sekedar rebahan menunggu waktu sholat.banyak pengunjung yang berada di bangunan ini. Luas kawasan masjid ini berkisasr 50 hektar, Bangunan masjin kubah emas menempati luas area sebesat 60 X 120 meter atau sekitar 8000 m persegi, dan dapat menampung sekitar 20.000 jemaah, kawasan masjid kubah emas ini sering di sebut sebagai kawasan masjid termegah di asia tenggara, 



Azan  dhuhur pun berkumandang dari dalam masjid, saya segera memasuki masjid kubah emas, sayapun mulai memperhatikan bagian dalam masjid di bagian dalam terdapat sebuah lampu gantung yang katanya di datangkan dari italia dengan berat sekitar 8 ton, Relief hiasan di atas tempat imam juga terbuat dari emas 18 karat, begitu juga pagar di  lantai dua dan hiasan kaligrafi di langit-langit masjid ini.sedangkan  mahkota pilar masjid yang berjumlah 168 berlapis bahan prado atau sisa emas.
Setelah melakukan sholat sayapun kembali mengelilingi masjid.


Masjid ini terdiri dari 6 menara yang melambangkan rukun iman. menjulang setinggi 40 meter, keenam menara ini di balut batu granit abu-abu yang di impor dari italia dengan ornamen melingkar, pada puncaknya terdapat kubah berlapis mozaik emas 24 karat.

Setelah hampir 2 jam saya mengelilingi masjid, sayapun meninggalkan area masjid yang sangat megah dan menawan ini



2 comments: