Saturday, May 23, 2015

Sunrise dan tiga gunung kurangi kesedihanmu "Di Bongkotan TegalAmpel"

9 mei 2015
4 hari yang lalu  kami di sini, duduk bersama bercerita dan kau banyak memberikan petuah tentang paitnya kehidupan, kau mendoakan kesehatanku dan kebahagiaan keluarga dan anak-anaku. kau bercengkerama dengan putra putriku, yaqhdan dan syafira mencium tangan kokohmu yang tak lagi kuat, kau tampak senang dengan kedua cicitmu itu. aku duduk berdekatan dengan mu dan banyak hal yang aku dapatkan darimu mengenai perjuangan dalam menggapai kebahagiaan yang hakiki, kesederhanaan dan kegigihan kau tularkan kepadaku, perlindungan terhadap istri dan anak-anak kau ucapkan dari getaran bibirmu, kau nampak sehat walau usiamu tak lagi muda, kau tampak kuat walau kau berjalan dengan kaki ketigamu. di usiamu yang ke 90 tahun kau tak kenal lelah, kau tetap gigih menjalankan kehidupanmu, sholat dan mengajipun tak pernah kau tinggalkan, walau dengan jalan membungkuk dan tak dapat bersujud dengan sempurna. sungguh luar biasa dirimu.



Kedatanganku beserta istri dan anakku tak sebahagia kemarin saat menatap mata sayumu, kau yang kemaren sehat tanpa tanda apapun,kini terbaring terbungkus kain putih di dalam peti, kubuka kain yang menutup wajahmu, dan ku tuntun istriku untuk melihat mu untuk terahir kalinya, aku tau dia sangat berduka. tetes matanya tampak tertahan di matanya yang jernih itu, bibir manisnya bergetar hendak mengucapkan kata-kata tetapi tak sampai, dia menunduk dan berdoa. Mbah kau yang kemaren kokoh kini terbaring kaku, tak ada isyarat kau akan meninggalkan kami secepat ini, di hari yang baik ini ( jumat 8 mei 2015 ) kami mengantarkanmu ke pembaringan terahir. ratusan orang mengiringi kepulanganmu  ke sang pencipta, Allah yang maha kuasa kini memanggilmu mbah.. kami iklas mengantarkanmu kesini, kami yakin tempat yang indah sudah menunggumu di sana.  


Hari kedua di Duku Bongkotan desa TegalAmpel Klaten, ku ajak istriku mengenal lebih dekat tanah kelahiranya, jam 05.30 Wib, saat anak-anak masih terlelap kami langkahkan kaki ke arah timur desa bongkotan ini, Sebuah desa yang masih sangat asri di kelilingi hamparan sawah yang menghijau, akupun terpaku saat berjalan ke arah timur di sudut desa ini, pemandangan yang sangat indah menghiasi hamparan sawah, Gunung Lawu yang bersanding dengan sang mentari menjadi penghibur di pagi ini, pijaran emas bersinar di balik susunan awan yang berpusat dari puncak Lawu, pantulan indah dari persawahan menjadikan tempat asri ini sangat istimewa bagi kami. kamipun memandang bebas tanpa batas ke puncak lawu, sungguh anugrah indah Kau suguhkan untuk kami, mentari yang mulai menampakan diri menambah indah cakrawala alam ini.  

Kamipun dapat menikmati aktivitas warga bongkotan di pagi hari, mereka bertani dan kami melihat peternak bebek mengiring bebeknya mencari makanan ke tepian persawahan, semangat mereka tampak dari ayuhan sepeda yang mereka bawa, semangat pagi yang luar biasa. 



Setelah puas menikmati keindahan sunrise dan kokohnya gunung lawu kamipun berjalan ke arah barat, kearah di mana pembaringan terahir mbah kami,dari sini kami masih menikmati sunrise dengan awan yang luar biasa menawan. sampai di depan pemakaman kamipun duduk di tepian sawah  pemandangan yang tak kalah indahnyapun di suduguhkan dari tempat ini.  



Dua gunung kokoh bersanding di arah barat sana, indah dan menawan dengan warna langit yang luarbiasa, gunung merapi dan merbabu yang luar biasa, garis lurus pembatas sawah bagai menuju gunung tersebut, hamparan sawah yang menghijau menambah indahnya tempat ini. sungguh indah kampung bongkotan ini, 


Kami berjalan kembali ke arah barat menuju ke dua gunung yang menawan ini, udara sejuk yang kami hirup menambah energi di pagi ini, menyegarkan raga dan jiwa yang lelah ini dan menambah semangat seperti semangat penduduk bongkotan yang sedang meladang di pagi ini.



Sepeda-sepeda unik yang mereka parkirkan di tepian sawahpun menjadi perhatianku, aku bersukur dapat menikmati keindahan alam ini dan mengajak istriku merasakan keagungan ciptaan Allah SWT. 


Inilah kampungku yang sangat indah, yang selalu akan aku rindukan dan menjadi kenangan bersama mbahku, petuah-petuahnya akan selalu membuat kerinduanku di desa ini. Desa yang penuh kenangan dan tak terlupakan.   

Selamat jalan mbah doa-doa kami kan slalu kami tujukan untukmu

4 comments:

  1. nice post gan... nambah info nih
    ====================================
    Pesan Kubah Masjid Murah - stainless steel/enamel/panel harga murah hanya ada di, Mahkota Kubah dot net

    Melayani pesanan kubah masjid harga murah, berbagi bentuk dan ukuran. jenis kubah warna-warni enamel dan Kubah Steenlist Steel. Pesan sekarng langsung kami kerjakan.. harga sudah termasuk ongkir

    ReplyDelete