Friday, December 11, 2015

Lawang Sewu Semarang



6 Desember 2015

Tepat pukul 05.00 setelah melakukan sholat subuh kamipun berencana menjelaajahi sudut –sudut kota Semarang, tujuan kali ini adalah ke kawasan tugu muda. Dengan berjalan kaki dari hotel tempat kami menginap langkah kami tujukan kea rah tugu muda, sejuknya udara pagi Kota Semarangpun kami rasakan, jalanan yang sepi dan angin yang berhempus mengantarkan kami menuju tuugu muda. Kami hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk mencapai tugu muda.




Tugu  Muda terletak di jantung kota Semarang. Di sini merupakan temp[at bersejarah dan menjadi saksi bisu perjuangan para pahlawan saat pertempuran 5 hari di Semarang pad atanggal 10 November 1950. Dan di resmikan oleh presiden Soekarno pada tanggal 20 mei 1950. 


Tak jauh dari Tugu Muda kami dapat menikmati kemegahan Bangunan Kolonial yang merupakan bangunan bersejarah juga, Gedung Lawang Sewu yang di kenal juga sebagai wisata misteri . Gedung Seribu Pintu Dengan berbagai Cerita mistis yang melatarinya, Gedung ini dahulu merupakan Kantor dari  Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappic atau NIS. zLawang Sewu atau Seribu pintu ini di bangun pada tahun 1904 dan selsai pada tahun 1907


Masyarakat menyebut gedung tersebut lawang sewu dikarenakan mempunya pintu yang sangat banyak, walaupun pada kenyataanya pintu pada bangunan tersebut tidak mencapai seribu. Bangunan ini memiliki banyak jendela yang tinggi dan lebar sehingga penduduk setempat menganggapnya sebagai Pintu atau dalam bahasa jawanya Lawang.


Sangat di Sayangkan kami tidak dapat masuk kedalam dan menyusuri lekuk-lekuk gedung tersebut. hal tersebut di karenakan gedung ini baru buka sekitar pukul 08.00 dan tutup pukul 21.00 Wib. Kamipun hanya dapat menikmati kemegahan gedung dari Monumen Tugu Muda ini. 

1 comment:

  1. Sayang gan ane ga sempet masuk.. ane datang jam 9 udah tutup..
    Nex ane coba gan masuk k sana

    ReplyDelete