Wednesday, December 30, 2015

Curug Pengantin Tegal “Dua Curug Indah Nan Mempesona”


Aku tak pernah lelah bila mengarungi keindahan alam Indonesia tercinta, setelah menikmati keindahan Curug Totos di Bumi Jawa (http://jalantraveller.blogspot.co.id/2015/12/curug-totos-bumijawa.html), kini ku langkahkan kakiku ke menuju Curug Penganten (pengantin). Curug ini terletak di desa Tuwel kecamatan Bojong Kabupaten Tegal Jawa Tengah. Untuk mencapai curug ini patokanya adalah SMA Negeri I Bojong, akses menuju ke curug pengantin tepat di bawah Sekolah tersebut.


Tepat Pukul 08.30 sampai ahirnya kami di jalan yang mengarahkan ke Curug Penganten, Curug ini satu lokasi dengan Curug Luhur, jadi  satu tempat kami akan mendapatkan dua curug. Saat di parkiran tak ada seorangpun yang datang, kecuali kami. Kami di sambut oleh ibu-ibu yang punya warung di sebelah kanan tempat parkir, tak ada retribusi untuk masuk ke wisata ini. Katanya sih Cuma bayar parkir Rp 3000 saja,Murah kan..... tetapi di pagi ini petugas belum kelihatan batang hidungnya, kami hanya menjumpai sang ibu yang menawarkan air mineral sebagai bekal untuk trekking ke curug ujarnya.

Setelah mengantongi air mineral kamipun segera melangkahi jalanan onblok ini, kami berjalan sekitar 100 meter, ada spanduk yang tertuliskan peraturan pengunjung. Ada beberapa hal yang harus di patuhi oleh wisata saat mengunjungi Curug ini, larangan tersebut di antaranya adalah…
1.    Star menuju lokasi air terjun  tidak melebihi pukul 16.00 Wib.
2.    Di larang berbuat mesum
3.    Dilarang mandi di sekitar air terjun
4.    Dilarang membuang sampah

Larangan tersebut hendaknya di patuhi oleh setiap pengunjung, hal tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.



Perjalanan Ke arah Curug Penganten sangatlah mengasikan. kami menyusuri jalanan setapak dengan suguhan panorama yang sangat mempesona, hijaunya perbukitan yang menawan dengan hamparan sawah yang menghijau dengan di selingi beberapa nyiur yang melambai dan undakan terasering yang memukau membuat rasa lelah terobati. langkah kamipun semakin mantap, walau trek menuju Curug Pengantin masihlah jauh. 



Kami terus menyusuri jalanan setapak ini, tepat di pertigaan terdapat petunujuk yang mengarahkan kami ke arah curug Luhur dan Curug Pengantin, tetapi sangat di sayangkan, plang ke arah curug pengantin sengaja di tutup warga. berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari warga setempat arah ke Curug pengantin sengaja di tutup karena arus menuju curug sangatlah deras, kami harus menyebrangi sungai untuk mendekati curug pengantin. rasa penasaran kami semakin menjadi dan kami tekadkan untuk tetap mencapai curug pengantin. 

Dengan menyusuri pematang sawah kamipun melanjutkan perjalanan, sampai ahirnya kami menemukan sungai. Bonus perjalanan kali ini sangatlah luar biasa, kami di suguhi beberapa air terjun pembuka sangat di sayangkan jika aitr trejun ini terlewatkan dari tatapan mata kami. kamipun berhenti beberapa menit untuk menikmati pesona yang di suguhkan ini. 



Dari kejauhan Curug pengantin sudah terlihat, kami segera menyusuri sungai dan menyebranginya. beruntung bagi kami sungai ini tidaklah terlalu deras arusnya, hanya berkedalaman kurang dari selutut. tempat ini sangatlah sepi tak ada pengunjung satupun yang kami temui, kami petus menyusuri sungai, melompat dari batu ke batu, kami harus pandai memilih jalan agar tak terpeleset atau terperosok ke dalam lumpur. dengan perjuangan yang luar biasa kami ahirnya sampai di hadapan Curug yang mempesona ini. 



Dua Buah Curug yang menawan, pantaslah jika Curug ini di sebut curug pengantin, karena letaknya berjejer berdampingan layaknya seorang pengantin yang sedang bersanding, tak akan terpisahkan. aliran curug yang melewati sebuah tebing besar dan berahir di satu muara. derasnya tumpahan air membuat pembatas dan tulisan di larang mandi tertempel di dinding curug. 



cantik memang curug pengantin ini, jangan sekali-kali melanggar larangan yang tertera di sini, beberapa kejadin-kejaidn yang terjadi di curug ini janganlah sampai terulang lagi apalagi sampai memakan korban. kita cukup menikmati keindahna curug pengantin dan janganlah berharap dapat merasakan deburan  curug pengantin dari dekat. yang penting keselamtan adalag utama.  



Cukup lama saya berada di curug ini, lelah terasa menghilang, yang ada hanyalah rasa sukur yang teramat dalam sudah dapat menikmati keindahan sang pencipta. kita sebagai penikmat keindahan haruslah tetap menjaga dan ikut melestarikan keindahan yang sudah di ciptakan. jangan sampai meruskanya. sikap santun saat mengunjungi sesuatu yang indah harus tetap di jaga. buang sampah sembarangan dan corat coret kini tak lagi musim, jagalah jangan sampai kita dianggap pengrusak di negri sendiri. 

5 comments:

  1. wahhh keren mas, ternyata kalau curug penganten dimana mana ada dua ya bersebelahan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya tuh bener.. kenapa yaa.. kalo sendirian mngkin di sebutnya curug jomlo kali yahh

      Delete
  2. Hati2 kalau berpetualang, jangan malu bawa kuncen kalau ke tempat2 pendakian, dsb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap pak.. kapan kita berpetualang bareng nih...

      Delete
  3. Hati2 kalau berpetualang, jangan malu bawa kuncen kalau ke tempat2 pendakian, dsb.

    ReplyDelete