Friday, December 11, 2015

Umbul Sidomukti " menikmati Dinginya Mata Air di atas Bukit "


6 Desember 2015

Setelah menikmati kemegahan Lawang sewu di Pusat kota Semarang (http://jalantraveller.blogspot.co.id/2015/12/lawang-sewu-semarang.html) Tepat pukul 06.30 kamipun meninggalkan Kota Semarang menuju Ungaran. tujuan perjalanan kali ini adalah menikmati pesona semarang dari ketinggian. Dibawah rintikan hujan roda berputar menyusuri jalanan tanpa hambatan. Hujan tak menjadi hambatan bagi kami untuk segera mencapai Umbuk Sidomukti.Hampir satu jam Kami (Andy, Al, mba yayu dan mas Huda ) melakukan perjalana ini sampai juga ahirnya di daerah bandungan. petunjuk yang jelas menuju Umbul sidomukti memudahkan kami untuk mencapai tempat ini. 

Umbul Sidomukti merupakan salah satu tujuan Wisata pegunungan di kota Semarang. Umbul Sidomukti terletak di  Desa Sidomukti kecamatan bandungan Kabupaten semarang. Untuk mencapai kawasan Umbul Sidomukti kami harus melewati gerbang penjualan tiket seharga Rp. 5000/orang. Setelah memarkirkan kendaraan di tempat yang rindang dengan panorama perbukitan di bawahnya yang cukup menggoda kamipun segera melangkah kaki ke dalam Umbul Sidomukti. 


Untuk menikmati segarnya Air Umbul Sidomukti dan pesona pemandian di puncak Semarang ini kami harus membeli tiket Rp.10.000/orang. Ada beberapa fasilitas pendukung yang dapat di nikmati saat berkunjung ke Umbul Sidomukti. di antaranya adalah Marine Bridg, Camping Ground, River Up Treking, Flying Fox Scream dan beberapa autboun yang memicu adrenalin, tetapi sayang  fasilitas tersebut baru buka pada pukul 09.00. karena kami sampai tempat ini pukul 07.30 sayapun segera menuju kolam renang mata air Umbul sidomukti. 


Umbul sidomukti terletak di lereng gunung ungaran pada ketinggian 1200 mdpl. dapat di bayangkan esona pegunungan yang indah menghiasi kolam Umbul ini. ada empat buah kolam bertingkat yang dapat kami nikmati di sini, dengan kedalaman yang berbeda. yang paling dalam adalah kolam yang terletak paling depan, dengan kedalaman mencapai 1,6 meter. sayapun tak mampu menunggu lama untuk segera mencicipi segarnya air Umbul Sidomukti. 


Berrrrrrr ... saya pikir umbul sidomukti merupakan kolam air hangat seperti layaknya pemandian di pegunungan dengan mata air yang mengandung belerang, tetapi salah dugaan saya. Dinginya air dapat saya rasakan saat kaki saya menyentuk dasar kolam ini. Air kolam yang berwarna hijau dengan bentuk kolam yang unik seolah mengajak saya untuk segera menjeburkan diri ke dalamnya. 



Berbeda dengan kolam renang lainya, sambil berenang saya dapat menikmati keindahan perbukitan dan indahnya puncak ungaran. pesona yang di tawarkan umbul ini sangat menakjubkan. berbagai sisi Umbul ini tak lepas dari pandangan kami, seolah kami merasa haus akan keindahan, umbul sidomukti mampu menjadi pengobat dahaga kami. 

 

Setelah Puas bermain air dan merasakan segarnya Umbul sidomukti. kamipun menyusuri setiap sisi Umbul yang menawarkan keindahan di atas perbukitan ini. tepat pukul 09.30 kamipun meninggalkan Umbul menuju tempat pendakian pertama kali menuju Gunung Ungaran 



2 comments: