Thursday, February 12, 2015

Sawarna , Keindahan Pantai Yang Tersembunyi



Saya yang haus akan keindahan alam Indonesia memilih sawarna sebagai tujuan selanjutnya. Berbekal Informasi dari Internet saya beranikan diri menuju pantai sawarna di daerah bayah banten.

Perjalananku ke sawarna ku lakukan di awal tahun 2014 silam, aku memilih dengan menggunakan kendaraan umum waktu itu, memulai perjalanan dengan menggunakan kereta api kearah bogor. Aku tak sendiri, aku mengajak endi sebagai teman dalam perjalan kali ini. Sesampainya di bogor, ku lanjutkan ke terminal bogor lalu  ke arah pelabuhan ratu, sesampai di terminal pelabuhan ratu perjalanan ku lanjutkan dengan menaiki mobil elef jurusan bayah. Dalam perjalanan ke bayah inilah banyak ku temui pemandangan   yang begitu indah.


Sampai Juga ahirnya di desa Sawarna setelah menempuh perjalanan yang melelahkan ini, Desa ini terletak di Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Banten, Berbatasan Dengan Pelabuhan Ratu Sukabumi. sSampai di Pintu Gerbang Sawarna saya berjalan melewati perkampungan dan mencari homstay, sengaja ku pilih homsytay yang dekat dengan pantai pasir putih, dengan pemandangan Hamparan sawah yang di kelilingi pepohonan kelapa.



Setelah istirahat sebentar Kulangkahkan Kaki menuju  pantai Ciantir. Pantai Ini mempunyai pasir putih dengan ombak sedang, banyak di jumpai wisatawan yang berenang dan bermain selancar, besarnya ombak tidak berarti dengan panorama yang di suguhkan di pantai ini,kita juga bebas berenang karena tidak ada karang di sini, murni pasir putih dengan ombak yang siap bermain dan memanjakan kita.


Setelah Puas bermain dengan ombak dan menikmati panorama yang di suguhkan sayapun beranjak dari pantai Ciantir ini.

Sasaran selanjutnya adalah pantai Tanjung layar,Tanjung layar merupakan Ikon dari Pantai Sawarna, Berbentuk dua Karang besar yang berhimpitan seperti layar Kapal,di sekitarnya terbagi dalam karang - karang cadas serta karang yang datar. Dari Homstay saya harus berjalan sekitar 30 menit menuju pantai ini, melewati persawahan, dan pepohonan kelapa, akses ke sana sudah cukup bagus dengan melewati jalan setapak. 


Kelebihan tanjung layar ini adalah ketika sunset, kita akan melihat matahari tenggelam persis di belakang kedua karang ini, tapi sayang saat saya ke sana suasana sedang mendung. Walaupun tak menemukan sunset namun panorama yang di suguhkan sudah membuatku puas.
Trimakasih buat endi yang sudah menjadi teman dalam perjalanan ini, lain kali kita bertemu di perjalanan yang lebih seru, sebagai pencita keindahan alam indonesia.



No comments:

Post a Comment