Saturday, February 7, 2015

Curug Nangka Indah Nan Unik

Curug nangka merupakan salah  satu curug yang terletak di ciapus bogor jawa barat yang termasuk kedalam kawasan RPH gunung bunder. Curug nangka mempunyai daya tarik tersendiri karena mempunyai tiga tahapan dengan masing – masing mepunyai ketinggian 10 – 20 meter. Selain curug nangka di tempat ini dapat di temui dua curug lainya yaitu curug daun dan curug kawung.masing masing curug berjarak kurang lebih 100 meter, dengan urutan curug nangka,curug daun dan curug kawung. Ketiga curug ini berada di kaki gunung salak dengan ketinggian 750 m dpl.

Saya berkesempatan untuk ke curug nangka satu tahun yang lalu, untuk menemukan lokasi curug nangka tidaklah sulit, berjarak sekitar 25 km dari bogor melalui ciapus dapat di tempuh dengan mengendarai motor selama 30 – 45 menit, kondisi jalan menuju curug ini baik dan sudah beraspal.

Sampai di pintu gerbang kita harus membayar tiket sekitar Rp. 10.000,perjalanan dari pintu utama kea rah parkiran curug nangka tak lebih dari 10 menit, kita melewati hutan pinus yang menambah keasrian daerah ini. Parkiran di area sini tidaklah lebar, di sini banyak warung – warung yang menawarkan berbagai makanan lumayan untuk mengganjal perut sebelum kearah curug.

Perjalana pertama kearah curug nangka, kami harus melewati dan menyusuri sungai, kami sempat ragu karna masih terlalu pagi sampai di sini sehingga tidak ada pengunjung lain. jalan kearah curug nangka seperti terowongan yang terbuat dari pepohonan,tak lama kami jalan sampailah di curug nangka.

Curug yang kedua adalah curug daun, curug daun tak  setinggi curug nangka bentuknya yang seperti daun merupakan keunikan curug ini,tetapi hati – hati saat menapaki bebatuan di curug ini, lumayan licin dan berlumut.

perjalanan di lanjutkan ke curug kawung, tapi kami harus istirahat dulu untuk memulihkan tenaga dengan duduk di bebatuan yang ada di sungai.

Curug yang ketiga adalah curug kawung, curug kawung terletak di bagian hulu curug nangka, perjalanan kea rah curug ini lumayan melelahkan jalan yang kami lewati memiliki kontur naik turun, dan harus melewati batu batuan dan menyebrangi aliran sungai.tetapi sesampainya di curug semuanya terbayarkan dengan keindahan dan kesegaran curug ini.

1. Klo kesana naik motor dati Pamulang naik apa Mas Broo

2. Rute curug nangka
    Naik angkot
    Kalo dari arah pamulang bisa naik angkot yang kearah parung, lanjut yang kearah bogor, perjalanan bisa di lanjutkan naik angkot 03 arah ciapus bilang aja ke supirnya nanti juga di turunin di gerbang utama curug nangka. Masuk ke dalamnya bias menggunakan ojek atau jalan kaki sekitar 700 meter, enak sih jalan kaki sambil liat liat pemandanganya.
    Kalo pake motor/kendaraan pribadi
    Dari arah pamulang kearah gaplek lanjut kearah parung terus bogor, dari bogor menuju ciapus, kemuadian dari jalan ciapus cari hotel the highland park resort hotel ini sangat terkenal di wilayah bogor. Di dekat hotel ini ada pertigaan jalan yang menuju wisata curug nangka, ikuti saja arahnya sesuai petunjuk plang di sana.